EFEKTIVITAS KERJA PADA SAAT MENDERITA INFLUENZA

Oleh : Alania Rosari (0910312070)

Biro Infokom MRC 2011/2012

             Manusia memerlukan kondisi tubuh yang sehat untuk dapat mengerjakan aktivitas sehari-hari dengan baik. Kondisi tubuh yang sehat tersebut bisa diperoleh dengan  melakukan istirahat yang cukup, olahraga teratur, dan memakan makanan yang bernutrisi.  Namun, ketika seseorang tidak bisa menjaga kesehatannya, tubuh akan mudah terserang penyakit. Penyakit itu dapat disebabkan oleh infeksi virus, bakteri, dan kuman. Salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus yaitu influenza.

Influenza adalah suatu infeksi virus yang menyebabkan demam, hidung meler, sakit kepala, batuk, tidak enak badan (malaise), dan peradangan pada selaput lendir hidung serta saluran pernafasan. Seseorang bisa terkena influenza ketika sistem kekebalan tubuhnya sedang menurun.

Influenza dapat disebabkan oleh virus influenza tipe A atau tipe B.
Virus ditularkan melalui air liur terinfeksi yang keluar pada saat penderita batuk atau bersin dan melalui kontak langsung dengan sekresi (ludah, air liur, dan ingus) penderita. Gejala influenza dapat timbul dalam waktu 24-48 jam setelah terinfeksi dan bisa timbul secara tiba-tiba.

Petunjuk awal dari influenza biasanya tubuh yang kedinginan. Pada beberapa hari pertama sering terjadi demam. Suhu tubuh bisa mencapai 38,9-39,4o Celsius. Banyak penderita influenza yang tidak dapat mengerjakan aktivitas di luar rumah seperti ke kantor atau ke sekolah karena merasa tubuhnya sakit dan harus istirahat di tempat tidur. Mereka merasakan sakit dan nyeri di seluruh tubuhnya, terutama di bagian punggung dan tungkai. Mereka seringkali merasakan sakit kepala yang bersifat berat dengan sakit yang dirasakan di sekeliling dan di belakang mata. Apabila mereka beraktivitas di luar rumah, cahaya terang bisa memperburuk sakit kepala.

Penderita influenza tidak dapat melakukan aktivitas kerja yang berat karena mengalami gangguan saluran pernafasan ringan berupa rasa gatal di tenggorokan, rasa panas di dada, batuk kering, dan hidung berair. Aktivitas di luar rumah akan mempermudah penderita berkontak dengan udara yang tidak bersih dan memperburuk kondisi saluran pernafasannya. Kemudian akan timbul batuk yang parah dan berdahak. Pada anak-anak terkadang bisa terjadi mual dan muntah.

Setelah 2-3 hari sebagian besar gejala akan menghilang dengan segera dan demam biasanya mereda, meskipun kadang demam berlangsung sampai 5 hari.
Bronkitis dan batuk bisa menetap sampai 10 hari atau lebih dan diperlukan waktu 6-8 minggu untuk terjadinya pemulihan total dari perubahan yang terjadi pada saluran pernafasan.

Pengobatan influenza yang utama adalah istirahat yang cukup dengan berbaring di tempat tidur, minum banyak cairan, dan menghindari kelelahan. Hal ini disebabkan karena aktivitas kerja yang terlalu dipaksakan dapat memperburuk keadaan penderita. Penderita yang memaksakan aktivitas pada kondisi terserang influenza tidak akan mendapatkan hasil yang optimal. Penderita merasakan sakit kepala yang mengganggu konsentrasi dan efektivitas kerja. Istirahat dan berbaring sebaiknya dilakukan segera setelah gejala timbul sampai 24-48 setelah suhu tubuh kembali normal.

Penularan influenza dapat dicegah. Cara yang paling mudah yaitu dengan menghindari kontak dengan penderita influenza karena virus dapat ditularkan melalui air liur yang terinfeksi pada saat penderita batuk atau bersin. Seseorang yang pernah terkena virus influenza akan membentuk antibodi yang melindunginya terhadap infeksi ulang oleh virus tertentu. Namun, cara terbaik untuk mencegah terjadinya influenza adalah vaksinasi yang dilakukan setiap tahun.

Vaksin influenza mengandung virus influenza yang tidak aktif (dimatikan) atau partikel-partikel virus. Suatu vaksin bisa bersifat monovalen (1 spesies) atau polivalen (biasanya 3 spesies). Vaksin monovalen bisa diberikan dalam dosis tinggi untuk melawan suatu jenis virus yang baru, sedangkan vaksin polivalen menambah pertahanan terhadap lebih dari satu jenis virus.

Amantadin atau rimantadin merupakan 2 obat anti-virus yang bisa melindungi terhadap influenza A saja. Obat ini digunakan selama wabah influenza A untuk melindungi orang-orang yang kontak dengan penderita dan orang yang memiliki resiko tinggi (orang yang belum menerima vaksinasi). Pemakaian obat bisa dihentikan dalam waktu 2-3 minggu setelah menjalani vaksinasi. Jika tidak dapat dilakukan vaksinasi, maka obat diberikan selama terjadi wabah, biasanya selama 6-8 minggu. Obat ini bisa menyebabkan gelisah, sulit tidur, dan efek samping lainnya, terutama pada usia lanjut dan pada penderita kelainan otak atau ginjal.

Efektivitas kerja pada saat menderita influenza tidak dapat tercapai karena tubuh dalam kondisi tidak sehat. Influenza dapat mengganggu konsentrasi saat bekerja karena penderita mengalami demam, sakit kepala, nyeri pada beberapa bagian tubuh, dan gangguan saluran pernapasan. Istirahat yang cukup dan mengurangi aktivitas kerja yang berat merupakan cara ampuh untuk memulihkan kondisi penderita influenza. Meminum obat yang diberikan oleh dokter sesuai ketentuan juga dapat mempercepat pemulihan.

Oleh karena itu, jagalah kondisi tubuh agar selalu sehat dan optimal, sehingga terhindar dari influenza dan dapat melakukan aktivitas sehari-hari dengan baik. Efektivitas kerja yang baik akan mudah didapatkan ketika tubuh dalam kondisi yang baik pula.

About mrcfkua

MRC BEM KM FK UNAND : Aktif dan Prestatif ! Medicalstudent Research Centre Badan Eksekutif Mahasiswa Keluarga Mahasiswa Universitas Andalas (MRC BEM KM FK Unand), berdiri pada 24 Agustus 2004, merupakan UKMF yang memiliki ranah kerja: penelitian, kegiatan ilmiah, dan karya ilmiah. Dalam kepengurusan 2011/2012: Ketua Umum : Muhammad Helri Arif Sekretaris Umum : Mutia Lailani Bendahara : Afriyeni Sri Rahmi Terdiri dari Departemen Ilmiah, Departemen Kaderisasi, Biro Informasi dan Komunikasi, Biro Dana dan Usaha, Biro Kesekretariatan, dan Departemen Penelitian.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s